Laman

Rabu, 22 Januari 2014

ARJUNO JALUR PURWOSARI

gw            : der (brother) tahun baru kemana der?
rio             : arjuno yuk..
gw            : okeh 5 menit lg berangkat
rio             : okeh..
*plakk yaa kali mau naik preparenya 5 menit doang, okeh itu cuma karangan belaka, kejadian sebenernya begini :

Tim Pendakian
1. kak Antie = fisio terapis RSCM
2. Handsome Rio = mahasiswa elektro galau
3. Kemal malika = wiraswasta
4. sinyo = seniman yang galau juga
5. bung Risman = mahasiswa dengan ideologi cihuyy

24 desember 2013 pagi-pagi banget gw sampe stasiun kota baru, malang, duluan dan rombongan yang lain baru besoknya dateng, okeh sendiri berasa anak ilangnya langsung cabut kekosannya bung risman di deket terminal gadang, oh ya pada waktu itu gw belum kenal sama sekali sama yg namanya bung risman tapi nekat rencana numpang nginep kostannya *gak tau malu banget ya gw, bodo ah lumayan ngehemat biaya ahaha*

singkat cerita udah sampe kosannya bung risman dibelakang terminal gadang, kenalan, ngobrol-ngobrol, trus gw tembak trus kita jadian *plakkk yaa kaga lahh kita berdua sama sama pria normal* oh yaks bung risman ini orangnya aseli baik lohh aseli dahh.. doi mahasiswa UMM rantauan dari ambon sonohh yang kata doi lautnya cantik cantik kalah luna m*ya mah...  cape ngobrol + cape perjalanan jakarta malang = waktunya tidur, berhubung si bung risman mau kuliah dari pada nggak ngapa-ngapain mending tidurr..

25 desember 2013 jam 07.00 alarm handphone ampe cape bangunin gw, gw matiin alarm trus tidur lagi, gak sampe 5 menit bunyi lagi, okeh ternyata kak antie yg nelfon, gw angkat bzzzz seketika gw dimaki-maki karna telat dateng, hehehe gw janjian ama dia kumpul jam 07;00 diterminal arjosari, janji tinggal janji karna jam segitu gw sama bung risman baru bangun. oh ya kak antie itu ketua rombongan yang dari jakarta, dia berangkat bareng bang kemal sama si rio..

bzzzz seketika gw sampe diterminal arjosari, gak secepet itu juga sih, kudu berantem dulu sama supir angkot yang men-diskriminasi-kan gw sama bung risman gegara ber-carrier ria, kudu lari ujan-ujanan ria ala ala film india.. gak butuh waktu lama nyari kak antie, bang kemal, sama si rio didalem terminal, yang ternyata mereka lagi pada ngopi disalah satu kantin.. engg ingg engg... ada perempuan berhijab tampak asing di mata gw, ohh setelah jabat tangan ternyata doi itu namanya putri pacarnya bang kemal.. *hufhhh LDR kok bisa yakk* lupakan ---- kita langsung ajah tuh naik bis jurusan surabaya yang ngelewatin purwosari, turun dihalte purwosari, langsung disambut sama Sinyoe yang berbarengan sama rombongannya si Ryan dari boyolali yg anggotanya kimbo, si woles, pak erik, dan satu lagi lupa namanya yg dari lombok.. *sempet berasa atlit seven summit disambut sama mereka, terharu... plakkk ngayal aja terus bud* langsung kita kerumahnya sinyo yang gak jauh dari situ..
putri bang kemal pacaran, kak antie bung risman pacaran, nah gw??

sampe rumah sinyo langsung belanja logistik, re-packing carrier, terus ngopi-ngopi.. jam setengah 5 kita berangkat menuju pintu gerbang pendakian.. sampe gerbang pendakian jam 5 an lahh, lumayan deket kok lagian kita juga kan charter angkot hehehe...

triiiing... rame kan? tenang enggak semua kok yg berangkat
Hari Pertama

jam 5;30 kita start dari pos perijinan, dengan sebelumnya berdoa tentunya, here we go.... awal mula treknya mah masih landai mulus semulus pahanya pevita pearce, jalan 1 jam kemudian treknya berubah lumayan terjal, nanjak nanjak dan terus nanjak... asli dah blom sampe pos 1 ajah udah engap.. oke break sambil ngemil sebentar.. jalan lagi eh nanjak lagi maksudnya.. jam 6 lewat banyak kita sampe pos 1 goa onto boego *hmm aneh namanya* break, poto-poto, ngerokok, ngopi, skalian nungguin yang lain sholat magribh..

pasang headlamp, pegang senter tangan *boros senter, maklum rabun malam*, jam setengah 7 kita jalan lagi.. medannya belum berubah masih nanjakk... nanjakk.. dan terus nanjakk.. karna gelap ya taunya nanjak ajah.. gak sampe sejam kita sampe di pos 2 tampuono... break bentar lanjut lagi menuju pos 3, pos eyang sakrie untuk sampe ke pos 3 dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam.. nahh abis eyang sakri nihh kita ngelewatin bangunan tua yg ada dikanan aslii kalo feeling gw mah horror bgt disitu, hawa nya beda dahhh, spontan gw nanya kesinyo "nyo itu pos apa bukan?" "bukan mas itu disitu dulu pernah ada sekeluarga dibunuh" jawab sinyo *kamprettt nyesel gw nanya sinyo, malah bikin suasana tambah horor.. gak lama dari situ kita sampe di pos eyang semar.. sampe pos eyang semar udah lumayan malem, gak fokus liat jam pokoknya berasa lumayan lamanya dah kita jalan..

istirahat lumayan lama di pos eyang semar, kurang lebih setengah jam kemudian kita jalan lagi menuju pos berikutnya, pos mahkutoromo.. dan yaa seperti yang sudah sudah bahkan lebih parah treknya nanjak tanpa ampun.. cuma bisa istighfar kalo berhadapan sama trek yang begini... kurang lebih setelah 45 menit nanjak kita sampe juga di pos mahkutoromo, gak pake lama bongkar tenda langsung masuk untuk tidur... ehh makan dulu deng sebelum tidur.. *ohh yakk info berhubung ngetrek malem jadi kaga ada fotonya..

Hari kedua

alarm seperti biasa bawel banget ngebangunin gw pagi itu, jam 06.00 gw bangun dan disambut kata-kata "selamat pagi" dari teman yg lain, emg itu kata-kata wajib untuk menyabut seseorang dari tidurnya.. pas gw melek yg lain udah pada sibuk masak, sayup-sayup gw denger ada orang yg pamit mau turun, dia menghampiri tenda kita dan bilang "itu temennya yang tinggi, yang semalam sakit gak usah muncak, pokoknya gak usah muncak kalo enggak mau enggak bisa turun" ngomongnya pake nada ketuss cuy.... oke gw mencoba menyaring pesan itu, yang tinggi kan gw, dan bung risman, nah yang semalem sakit kan gw? what masa gw gak boleh muncak.. pftttt.. gak lama setelah mereka turun si sinyo marah-marah gak jelas ama tuh orang yang katanya mah dukun.. what the hell..*okehh lupakan ---

enggak mau musingin perkataan dukun tadi, udah ajah gw keluar tenda sambil bantuin masak yang bentar lagi selesai, *bukannya curang emg pas bangun tuh sesi masak udah mau kelar.. masakan mateng waktunya kita sarapan.. ahoiiyyy ini nihh paling demen gw sama yg namanya masak ehhh makan maksudnya.

ryan boyolali, bang kemal, vin diesel ;)

bang kemal, kak antie, vin diesel ;)

selesai sarapan, seperti biasa cerita-cerita panjang kali lebar kali tinggi, okeh maksudnya panjang lebar soal trek semalam.. beberapa diantara kita ternyata semalam merasakan hal yang lain, iya hal yg lain dari biasanya.. abis sesi cerita-cerita, gw orientasi medan buat ngeliat pemandangan.. subhanaulloh, asli keren dari sini keliatan banget gagahnya mahameru..

memandang gagahnya mahameru
kiri-kanan : bang kemal, sinyo, vin diesel, bung risman

sinyo jump
     oh iya disekeliling pos mangkutoromo keren lohh, ada rumah jeraminya, ada arca-arcanya, ada wc nya pula... nahh di pos ini ada seorang bapak dan anak laki-lakinya yg umurnya 8 tahunan lahh, dan menurut ke sok tahuan gw, gw nobatin si bapak ini kuncen sini, dia tinggalnya dirumah jerami itu.. enggak aneh si kan jalur purwosari emg jalur ziarah kalo yg gw tangkep dari ceritanya mbah google mah begitu... yang justru jadi pertanyaan gw siapa yang bawa tuh batu terus mahatnya disitu ampe jadi arca?? bawa keril ajah enggap cuy apa lagi batu.. dan arcanya bukannya satu.. banyak bray pada bebaris.. *okehh lupakan pertanyaan bodoh gw itu..

me didepan rumah jerami
disamping salah satu arca
        puas foto bareng arca  jam 10;00 kita melanjutkan perjalanan, oh yakk karna kita ber11 orang dan itu ganjil kita dititipin satu tongkat biar jadi genap 12, tongkatnya dari pipa paralon gitu si, pas bapaknya mau ngasih yg lain mukanya pada bengong gitu udah ajah gw yang bawa ini tongkat soalnya kata bapaknya gak boleh alo ganjil... trek berikutnya asoy bray.. tangga dari batu yang tersusun rapih kiri-kananya arca lagi serasa naik altar pelaminan romantis banget.. sayang gw kesininya sendiri, coba sama maudy ayunda, oke gw bakal ngajak dia prewed disini huft *ngayal ajah terus kenapa gak ngayal kalo tangga ini eskalator ajah sekalian .. nahh di ujung tangga ini ada tanah lapang dengan batu yg tersusun gitu, disebutnya sih candi sepilar kata si bapak dibawah tadi...

kak antie, gw, bung risman.. nahh dibelakang gw itu trekknya

ditengah tangga ngebayangin sebelah gw maudy ayunda

candi sepilar, sama temen baru (tongkat)

dicandi sepilar gw, kak antie, bung risman, dan bang kemal santai santai dulu nikmatin pemandangan disini, saking santainya kita jadi mager alias males gerak, udah ajah dengan sedikit rapat yg sampe ngeluarin urat *lebay, kita putusin break makan siang disini sekalian sholat
masak makan siang dicandi sepilar
      puas makan siang, tidur siang dan sholat kita lanjut jalan lagi jam nya sekitar jam 1an, abis dari candi sepilar seinget gw jalurnya bukan lagi tangga, udah kombinasi batu sama tanah, nanjak terus tanpa ampun lumayan menyiksa dengkul sampe ke pos jawadipa, dipos jawadipa break sebentar nunggu kak antie dan bung risman yang jadi couple sweaper, istirahat disini sekitar 15 menit lanjut jalan lagi, treknya belom berubah masih nanjak dan nanjak, dikanan trek banyak pohon cemara mungkin ini yang disebut cemoro sewu, nahh dikanan trek itu jurang yg mengarah kelembah.. 2 jam jalan kita ketemu sinyo sama si rio yg nungguin kita, saking lamanya nunggu sampe bikin api unggun mereka gegara kedinginan.. bahaha maap yakk. karna hari mulai sore dan gw yang drop gegara maag gw kumat akhirnya kita mutusin untuk bikin tenda disekitar cemoro sewu itu, lumayan ada tanah landai cukup untuk 3 tenda 4 orang. nggak ada aktifitas berarti malem itu selesai makan tidurr semua...
dicemoro sewu

sesi foto masak
Hari Ketiga
         jam 7 pagi kita udeh bangun dibangunin alarm yg super bawel, masak sarapan, packing lanjut bergegas menuju puncak arjuno jam 8 kita mulai jalan treknya stabil masih nanjak terus,nahh dari sini nihh tanjakan dusta nya banyak banget, pas udah sampe puncak bukit masih ada bukit lagi dan kaya gitu terus menerus kaya sinetron tersanjung yg enggak ada abisnya.. ehh ada deng ada abisnya berupa bonus jalan datar sebentar terus turunan, nah dari turunan itu ada percabangan jalur kekiri dan kekanan, kita ambil kiri terus nanjak bentar bonus lagi.. nah di bonus ini kita melipir terus sampe ketemu pertemuan jalur purwosari sama jalur lawang, rest bentar disini sempet keabisan air pula, sayup terdengar ada suara cekikikan cewe ketawa gw liat sekeliling ternyata ada 4 pendaki yg turun dari puncak, udah ajah gw memohon dengan melas minta sedikit airnya ehh tapi mereka keabisan air juga..
kita lanjut jalan lagi gak lama bongkahan batu besar didepan mata yang itu pertanda kalo puncak udah deket, iya deket tapi bawa-bawa keril segede gaban gini tetep ajah lama bahaha setengah jam kemudian alhamdulilah gw menginjakan kaki gw dipuncak arjuno 3339 mdpl. sujud syukur bisa sampe puncak arjuno dan selama perjalanan kita enggak dikasih hujan.

puncak arjuno 3339 mdpl.. alhamdulilah
       dipuncak sekitar 45 menit kita poto-poto, ngeliatin pemandangan, ngerasain angin dinginnya puncak, setelah itu kita turun, nah jalur turun kita enggak lewat jalur purwosari lagi tapi kita lewat cangar. perjalanan turun di lanjut besok ahh bray, belum tidur nihh ngantuk mata.. hehehe

Terima kasih kpd allah swt, keluarga yg selalu ngedoain gw, buat kak antie, bung risman, bang kemal, rio, sinyo, ryan, kimbo, pak erik dan yg lain, dan buat bapak kuncen mahkutoromo yang saya lupa menanyakan nama *maap yaaa pak, terima kasih di tambahin temen pipa paralonnya..