Laman

Kamis, 23 Januari 2014

PERJALANAN TURUN ARJUNO VIA JALUR CANGAR

puncak arjuno

Bukan suatu kesuksesan ketika kau mendaki dan sampai dipuncaknya saja. bagi gw kesuksesan yang hakiki dalam pendakian adalah ketika kita berhasil mendaki kepuncak dan turun dengan selamat kerumah masing-masing.
Budi Triono 29

27 Desember 2013, setelah berhasil sampai puncak arjuno pada pukul 15:00, gw dan rombongan memustuskan untuk turun pukul 16:00, oh ya dipuncak kita misah sama tim ryan yang ngejar waktu dan pesawat *gimana ngejarnya yak* lupakan ---, gak pake lama kita langsung turun menyusuri jalan pasir yang berbatu, atau batu yg berpasir *entahlah, oh ia beda sama jalur naik kita memutuskan untuk turun lewat jalur cangar, jalur cangar dipilih karna pertimbangan yang katanya lebih dekat dan gak makan waktu banyak.

dengan sisa-sisa energi dan formasi 4-4-2 eh salam itu mah formasi bola, formasi gw didepan di sambung kak anti, bung risman, rio, sinyo dan bang kemal sebagai sweaper. 20 menit-an kita jalan kita sampe di puncak bayangan menurut gw mah, tapi kalo kata si bang kemal ini namanya puncak anjasmoro. sebelum sampe puncak anjasmoro si kak antie ngalamin panic attack doi panik karna kedinginan banget, yang katanya mah dinginya beda dari biasanya. *nahhh loohhh...

oh ya dipuncak bayangan kita ketemu sama 1 orang warga pribumi yang lagi bertapa disitu kalo kata sinyo si doi lagi nyari ilmu, asli men itu orang kuat banget, kaga bawa tenda kaga pake jaket kaga bawa logistik pula. hmm gw jadi mikir sendiri dijaman yang serba digital ini masih ajah ada yang percaya sama hal begituan. kita sempet ngobrol sebentar sama tuh orang tapi ya gitu ngobrolnya rada enggak nyambung.

kita lanjutin jalan lagi karna si kak antie udah maksa jalan, doi kedinginan banget katanya, enggak jauh dari si tempat orang itu bertapa kita nemuin 5 makam atau in memoriam gitu yang disusun dari batu batu kerikil berbentuk makam, kita sempetin berdoa untuk mereka yang bagi gw pahlawan, kenapa gw bilang pahlawan? ya karna mereka meninggal dikala memperjuangkan cita-cita atau mimpinya. selesai kita berdoa kita lanjut jalan lagi.

sejam kita jalan kita nemuin yang namanya sunset, aseli cuy keren banget bisa ngeliat proses transisi antara siang dan malam, dimana tuh langit berwarna jingga keren enggak kalah sama sunset dipantai pokoknya susah dijelasin dahh, kita sempetin foto-foto tuh sunset pake kamera handphone, karna kamera dslr gw baterenya udah abis.

kerenkan sunsetnya

gw sama bang kemal

sunset diatas awan

belum puas rasanya mandangin sunset ehh langitnya udah gelap ajah, yaudah dengan terpaksa kita lanjut jalan lagi, seakan enggak mau kalah sama perjalanan naik perjalanan turun pun berasa banget capenya, kalo teori gw si yak kenapa bisa lebih cape turun itu 1. sisa energi udah terbatas dan 2. kita harus ngebagi konsentrasi antara melihat trek dan memilih pijakan. itu mah teori gw yakk bukan teorinya einstein.

Berjalan 1 jam rasanya cukup untuk syarat kita melakukan break, akhirnya kita break di tempat agak lapang gitu yg cukup untuk 1 tenda ukuran 4 orang. ngeroko bentar ngobrol-ngobrol, dan gw sempet ngecek ketinggian kita pake gps, dilayar gps ketinggian kita itu tertulis 2850 mdpl okeh masih tinggi yakk. gak mau kelamaan istirahat karna takut mager alias males gerak kita langsung jalan lagi.

nahh pas jalan 30 menit abis istirahat tadi gw mulai ngerasain sesuatu yg aneh dibadan gw, yakk asam lambung gw naik. perut gw berasa banget mualnya tapi tetep gw tahan, sampe suatu saat gw gak kuat nahan akhirnya gw *maap muntah-muntah ditengah trek. ngeliat kondisi gw, si bang kemal yang selaku ketua rombongan memustuskan untuk break lagi, disitu gw dan yang lainnya makan-makanan ringan lumayan buat ngisi perut yang kosong, sadar atau tidak kita enggak makan siang tadi.. adoohhh, oh yak disitu gw sempetin lagi ngecek ketinggian di gps, tertulis 2700 mdpl.

setelah perut gw dan yang lainnya udah keisi kita lanjutin lagi perjalanan, jalur turunnya lumayan curam, kita terus turun ngikutin string line yang ada di kiri kanan jalur, kita turun dengan kecepatan yang bisa dibilang mah lama, hehehe maklum dengkulnya bukan dengkul racing. sejam kemudian kita break lagi untuk ngatur napas, nah gw liat lagi tuh ketinggian di gps dan shock gw liat tulisannya, tertulis 3200 mdpl perasaan dari tadi turun terus dah tapi kenapa bisa naik ini ketinggiannya, dan pas gw cek lagi ketinggiannya berubah-rubah labil kaya anak es'em'a, mulai panik pasti ada yang nggak beres nih sama ini tempat.

disitu sempet terjadi perubahan rencana mengingat stok air kita yang terbatas banget. akhirnya kita mutusin ini istirahat yang terakhir dan tujuan selanjutnya adalah lembah kidang, dimana kita ngecamp lagi disitu semalam. soalnya dilembah kidang ada mata airnya. perjalanan dilanjutin gw liat jam sekitar jam 8an kita masih terus fokus turun. tepat jam 9 kita ketemu pertigaan yang dimana kalo kekiri itu ke jalur cangar dan yang kekanan itu kelembah kidang, oke kita ambil kanan.

pas dipertigaan gw nanya sama bang kemal, "bang masih jauh lembah kidang?" "paling lama sejam bud" oke dengan badan yang udah lemah banget jawaban bang kemal jadi pemicu semangat gw, kita terus turun dan turun ditemenin sama gelap dan dinginnya angin malem waktu itu. jalan sejam kita ngelewatin satu tenda gede kalo kata gw mah tenda pramuka itu atau tenda tentara dah, kita permisi sama si penghuni tenda yang katanya mereka ber18 orang mendaki *bused rame amat gimana ngaturnya itu.

kecurigaan gw bertambah udah hampir 2 jam kita jalan tapi belum juga sampe ke lembah kidang, gw bang kemal dan rio berhenti sebentar nungguin kak antie bung risman dan sinyo dibelakang, setelah jarak mulai rapat kita lanjut jalan lagi, tapi kok ya nggak sampe-sampe. akhirnya bang kemal mutusin kita buat tenda ditanah lapang yg ada pohon cemara gede nya 2 kaya gerbang gitu.

selesai masang tenda gw langsung masuk kedalem buat istirahat karna perut gw makin enggak karuan rasanya, oh ya kak antie juga masuk tenda karna hal yang sama yaitu maag. enggak lama kemudian doi pindah ke tendanya dan sesi masak memasak pun dimulai. pas sesi masak gw tiduran dipojok tenda dan kembali ngalamin hal aneh, ini tenda kaya ada yang garuk-garuk dari luar, gw bilang ke yang lain tapi kata yang lain diluar enggak ada siapa-siapa dan enggak ada binatang juga, nahh lohh yang garuk siapa? *parno gw pun tertidur.

sejam tidur gw bangun dan kampredd lahh gw ditinggalin sama rio doang didalem tenda dan kak antie di tenda sebelah, yang lain pada ngambil air dan pintu tenda  dibiarin ajah gitu kebuka berasa banget sepinya tambah parno gw tidur lagi. *fyi sebenernya gw gak parno-an, tapi malem itu asli parno banget gw. gw bangun lagi ketika yang lain udah balik, lumayan lama mereka ngambil air ada kali 45 menitan. sesi masak dilanjut lagi gak lama kemudian masakan mateng dan kita makan malam bersama. selesai makan waktunya tidur, gw enggak mau tidur dipojok lagi males kalo ada yang garuk tenda lagi akhirnya gw boongin ajah tuh si rio supaya dia yg dipojok.

malam berganti pagi, pagi menjelang siang jam 10an kita selesai sarapan langsung berkemas dan ngelanjutin perjalanan turun, karna lewat cangar akhirnya kita balik lagi tuh ngelewatin pertigaan yang semalam. dan yakk ini yg kesekian kalinya gw dibikin bingung pas naik mah cuma dibutuhin 45 menit untuk sampe ke pertigaan, tapi semalem turun ngabisin waktu 2 jam lebih. logikanya kan lamaan naik dibanding turun.

gw fokus jalan lagi ditemenin sama matahari yang lagi semangat-semangatnya bersinar yang berhasil membuat gw mandi keringat siang itu, dari pertigaan jalurnya bersahabat enggak curam alias landai-landai ajah, mulus landainya semulus paha personilnya JKT48, kita terus jalan melipir gunung kembar 1 dan gunung kembar 2 *jangan ngeres pliss otaknya, emg namanya gunung kembar 1 dan 2... pas lagi asik melipir ria kita ketemu rombongan pendaki yang mau muncak sekitar 6-7 orang, mereka naik lewat jalur cangar, sippp akhirnya ada yg bisa ditanya tentang jalur itu.. puas ngasih kisi-kisi kekita rombongan itu pun melanjutkan perjalanannya, sedangkan kita masih leha-leha santai dan makan siang, menunya jelly *makan siang yang aneh kalo kata gw mah, berharap nasi padang gitu.. plakk ngayal aja terus..*

setelah kenyang makan siang dan istirahat jam 1 an kita lanjutin perjalanan, treknya masih asoy, masih landai cing.. alhasil kita jalan pada ngebut. enggak lama jalan kita disuguhin pemandangan bagus banget berupa lembah savana gitu, *katanya si ini yang disebut pasar setan, kita lanjutin lagi perjalanan dan nemuin satu bukit yang tanjakannya kaya tanjakan cintanya semeru. setelah puncak bukit itu kita ngelewatin lagi savana, trek nya masih landai kita ikutin terus sampe ujung savana dan mulai masuk ke hutan lagi, *sebelum masuk hutan gw sempet ketawa geli pas kak antie jatoh, asli padahal jalan landai tiba-tiba ajah gitu dia jatoh bahahaaha.

trek dihutannya mirip-mirip jalur putri nya gunung gede, trek berubah dari landai ke curam, kita terus ngikutin string line, selang sejam kita jalan kita break lagi di tanah lapang yang kayanya biasa digunain buat nge-camp. entah jam berapa kita lanjutin lagi perjalanan, ditengah perjalanan itu team ke bagi dua bang kemal, sinyo, sama rio, jauh didepan dan gw kak antie dan bung risman dibelakang. kita tetep fokus jalan ngkutin string line

oh ya di hutan ini jalurnya lumayan ngebetein panjang banget, akhirnya kita ketemu lagi sama rombongan depan yang emang udah nunggu kita di tanah lapang, istirahat sebentar lanjut lagi jalan, kita sempet disuguhin pemandangan uap air panas yg keluar dari lobang dan sela-sela batu *awalnya gw pikir ada yg lagi bakar sampah. nah dari uap air panas tadi gw lagi-lagi mengalami hal aneh, gw liat tuh jalur ada 2 lurus dan kanan trus pas gw tanya kak antie dibilang jalurnya cuma lurus dikanan enggak ada, jelas-jelas gw liat dikanan ada jalur. enggak cuma sekali tapi 3 kali gw ngalamin hal itu dan pas gw nanya yg ketiga kata kak antie muka gw cengo gitu kaya orang bego.. *jelas-jelas kaya edward cullen juga..

singkat cerita selama 4 jam lebih kita ngikutin jalur didalem hutan, akhir nya gw denger suara motor sayup-sayup dari kejauhan dan gw yakin pasti udah deket, ehh bener ajah enggak lama kemudian gw keluar dari hutan dan ketemu ladang penduduk, karna senengnya gw ngeliat peradaban gw nyanyi-nyanyi kaya orang gila. diladang sinyo, bang kemal dan rio lagi pada nungguin kita.

kesenengan gw gak berlangsung lama karna termakan bosan nungguin kak antie dan bung risman, ada kali 40 menit gw nungguin mereka berdua, si bang kemal sama rio udah turun duluan dari ladang dan nyari jalur ke desa, akhirnya muncul juga tuh si kak antie sama bung risman, kebetean gw langsung memudar pas ngeliat dengkul kak antie udah dipakein semacem perban gitu. gw kasih waktu dia berdua istirahat dan setengah jam kemudian kita turun ke desa, rupanya dari ladang kedesa dibutuhkan waktu 45 menit, jauhh men.. tapi ya udah seneng si udah ada manusia lain soalnya selain kita yaitu petani, hehehe *sempet juga nyobain apel malang asli dari pohonnya.. nyampe didesa pas banget magribh langsung nyari bang kemal sama rio yang ternyata ada di ujung gang lagi asik-asiknya ngopi, enggak mau kalah gw langsung pesen kopi plus nasi pecel laperrr men td siang cuma kena jelly.

ohh ya kenapa gak ada foto di jalur turunnya ya karna kamera dan semua gadget kita keabisan batere. hehehe.. puas makan ngopi sama bersih-bersih badan, jam 7 kita bergegas ke menuju kota malang, asoy cuy ke malangnya numpang truk batu bata yang supirnya baik banget ngasih kita tumpangan, di truk sempet ada yang romantis-romantisan sampe sempet pengen gw lempar dari truk tuh, siapa lagi tersangkanya kalo bukan kak antie dan bung risman, tapi asli romantis malam minggu pacaran sambil numpang truk ehehe.. *next time gw ajak maudy ayunda nebeng truk semen ala ala anak stm.
bung risman dan kak antie

sinyo

sama si bapak supir kita diturunin didepan stasiun kota baru malang, asli bapaknya baik banget kita ngasih rokok ajah ditolak, *satu lagi bentuk kearifan masyarakat daerah yang jarang ditemui dikota jakarta. didepan stasiun kita ngopi-ngopi kece dulu disalah satu kedai dan lanjut cuss ke basecamp di daerah sawo jajar.

Terima kasih kepada : kak antie, bung risman, sinyo, rio, bang kemal, mas erik basecamp sawo jajar, bapak supir truk yang baik hati, terima kasih kota malang atas keramahan masyarakatnya. sekian cerita pendakian arjuno via purwosari turun cangar versi gw.

salam damai, salam lestari, keep clean and go green ! gunung bukan tempat sampah !